1001 macam resep masakan mulai resep pancake resep jus alpukat resep nasi goreng hingga resep mancanegara yang sangat enak dan lezat

Tips Cara Agar Ketupat Yang Kita Buat Tahan Lama

Tips Cara Agar Ketupat Yang Kita Buat Tahan Lama - Hai resep masakan adinda hadir dengan tips keren hari ini. Tipsnya masih seputaran lebaran hari raya idul fitri. Setelah idul fitri biasanya banyak yang membuat ketupat untuk disajikan dengan sayur seperti sayur lodeh dan lainnya. Memang tak lengkap saat hari raya tiba tidak membuat ketupat.

Nah cara membuat ketupat sih gampang, namun pastinya bunda ingin tahu kan bagaimana agar ketupat yang kita buat tahan lama dan tidak cepat basi. Caranya cukup mudah kok bunda, umumnya ketupat akan bertahan antara 2-3 hari saja. Dan yang pastinya paling enak menyajikan langsung ketupat yang kita buat lebib lama 2 hari saja, karena kondisi ketupat tersebut masih fresh freshnya (tidak berubah rasa dan tidak lembek).

Ketupat agar tahan lama dan tidak cepat basi adalah saat pembuatan atau saat merebus ketupat, ketupat harus dalam keadaan terendam semua. Dan jika air untuk merebus ketupat berkurang maka dapat kita tambahkan air lagi agar ketupat terendam kembali saat direbus. Biasanya sih saat merebus ketupat itu kira kira 4-5 jam.

Setelah ketupat matang segera gantung saja hingga dingin, tujuannya agar kandungan air dalam ketupat itu bisa berkurang. Jika ketupat masih lembab (kandungan airnya masih banyak / masih tersisa di ketupat) maka ketupat akan cepat basi. Umumnya ketupat yang digantung bisa bertahan sampai 4 hari.

Nah ada tips lainnya agar ketupat tahan lama, anda bisa menyimpan ketupan dalam lemari es (kulkas) pastikan anda menaruh ketupat dalam plastik yang dibungkus rapat(tidak ada lubang dalam plastik untuk membungkus ketupat tersebut). Ketupat yang disimpan dalam lemari es atau kulkas bisa bertahan kurang lebih 4-7 hari.

Nah ingin mencoba membuat ketupat sendiri dirumah dan ingin ketupat yang anda buat tahan lama, silahkan mencoba tips keren dari resep-masakan-adinda.
Tag : INFO KULINER
Back To Top